Thursday, November 8, 2012

Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah

Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah
Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah
  Setiap organ tubuh jika gunakan terus menerus tentunya pasti akan merasakan kelelahan, begitu juga dengan mata kita. mata pun juga memiliki rasa lelah. salah satu kegiatan yang sering membuat mata kita cepat lelah adalah berlama lama memandang layar monitor. selain membuat mata kita lelah, dengan berlama lama di depat layar monitor juga menimbulkan beberapa efek, meskipun ada yang mengatakan hal itu tidaklah benar. efeknya adalah misalnya kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, dan sebagainya.
berikut ini adalah beberapa tips merawat kesehatan mata kita, yaitu tips menghindari mata agar tidak cepat lelah di depan layar monitor
1. jagalah jarak pandangan mata anda dengan layar monitor
jarak pandang mata kita dengan layar monitor yang baik dan disarankan adalah sekitar 20 – 40 inchi atau 50 – 100 cm. jika pada jarak itu anda mengalami kesulitan memandang, perbesarlah ukuran huruf atau ganti resolusi nya agar mudah dilihat
2. beralikah dari monitor CRT ke Monitor LCD
Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.
Namun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT. Bagi kita yang masih menyeyangi monitor CRT, ada baiknya kita membeli filter anti-radiasi. ini adalah solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata akibat duduk berlama-lama di depan monitor, namun dengan harga yang murah.
3. Aturlah monitor setting
Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut.
Misal settingan seperti, ‘text’ atau ‘internet’ akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan ‘game’ atau ‘movie’ akan terlihat lebih terang saat digunakan.
4. pakailah kacamata anti radiasi
Walau hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.
Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.
5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala
Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya. Yang penting menjauh dari monitor.
Demikianlah tips Cara Efektif Mengatasi Mata Lelah semoga bisa bermanfaat
referensi : detiknet.com

Wahidun Blog http://wahidsahidu.blogspot.com

No comments:

Post a Comment