Tuesday, November 6, 2012

Modus baru bengkel NAKAL, WASPADALAH!

Dear agan-agan, hanya mau share aja...
Siang ini (28.10.2012) saya mencuci mobil murah bertagline "Rp.30.000 cuci+wax+vakum*" di Vic******Carwash kawasan Jl.Danau Indah raya, Sunter, perbatasan Kelapa Gading-Sunter, JAKARTA UTARA. Tapi akhirnya malah keluar Rp.340.000 (300rb wiper sepasang, servis cuci+wax+vakum 40rb)... gara-gara ganti wiper yang "robek", katanya kemakan usia karena cuaca.

Kronologinya,Saya dipanggil dari ruang tunggu, diberitahu dan dipertunjukan robek itu oleh pegawai ketika proses waxing. Padahal mobil baru saya keluaran Januari 2012, masa wiper spare part ASTRA sejelek itu, belum setahun udah regas. Lagipula, selama dicuci otomatis, saya dari dalam mobil memainkan tuas wiper dgn niat spya bagian kaca di bawah wiper tercuci juga. Saya ingat aliran airnya lancar dan tidak ada masalah dengan garis airnya, masih sempurna sekali. Terutama ketika saya diperlihatkan tampak robeknya cuma satu sisi dan "terlalu rapi" utk kategori "regas dimakan usia". Makanya saya sangat curiga!  Pegawai itu kemudian mengatakan memang wiper 6 bulan sekali harus ganti. Saya disarankan ganti wiper yang robek itu, karena akan menggores kaca bila hujan. Jika kaca gores, akan sulit utk memulihkannya. Kemudian saya ditawarkan produk wiper bengkel tsb, harganya 300rb sepasang. Kemudian pegawai tersebut pun bersilat lidah mengunggulkan produk wiper bengkel tsb. Karena saya orang awam, ya saya ambil saja apalagi krn skrg musim hujan dan cuaca hari itu agak mendung. (belakangan saya diberitahu rekan saya wiper paling mahal 70rb, mohon info agan-agan otomotif)

Eh ternyata bukan cuma saya yang ganti wiper, hampir sebagian besar mobil antrian stlh saya kompakan ganti wiper... karena "robek" kemakan usia, kata beberapa pemilik mobil lain yang saya ajak ngobrol. Lucu ya, mungkin di alam mimpi para pengendara mobil itu sudah janjian utk ganti wiper di bengkel tsb.  Saya tidak bermaksud menuduh, karena bisa aja kebetulan sebagian mobil yang saya lihat ganti wiper memang sudah "robek" dan berencana utk menggantinya. Tapi alangkah baiknya jika kita berjaga-jaga dan berhati-hati.

Beberapa TIPS AMAN utk cuci mobil di bengkel:
1.Carilah referensi bengkel dari relasi anda yg dapat dipercaya. Jika anda pernah mendengar kasus kecurangan di bengkel langganan anda, ada baiknya berhati-hati karena kemungkinan besar anda calon korban berikutnya.

2. Selalu periksa kesempurnaan accesoris (wiper,spion, antena, dll yg rentan dirusak dgn tangan) dan bodi mobil (ingatlah posisi kerusakan seperti penyok dan baret). Hal ini penting supaya anda tidak mendapat “servis tambahan” berupa baret/penyok/kerusakan accesoris yang sengaja dilakukan. Tapi tenang saja, bilapun anda mendapat “servis tambahan” ini biasanya pihak bengkel memiliki solusi produk pengganti accesoris tsb ataupun jasa pemulihan baret/penyok yang anda dapat beli di bengkel tsb.

3. Ajaklah pihak bengkel utk memeriksa bersama (point no.2). Ajaklah lebih dari 1 pegawai pihak bengkel, akan lebih baik bila mengajak pegawai yang akan menangani mobil anda.

4. Walaupun ada ruang tunggu, akan lebih baik anda mengawasi sendiri proses penanganan cuci-wax-vakum mobil anda. Saya percaya anda sebagai pemilik pasti jauh lebih sayang mobil anda ketimbang pegawai yang menangani mobil anda. Kehadiran anda akan memastikan optimalnya kinerja pegawai tersebut. Jika kinerjanya memuaskan, jangan segan untuk memberikan mereka “tips” extra utk kejujuran dan ketulusan mereka merawat mobil anda.

5. Jika anda memiliki pengalaman cuci mobil dengan bengkel yang JUJUR, tolong beritahukan kepada relasi, teman, om-tante, sanak saudara, handai taulan, dan siapapun yang anda kenal. Supaya relasi anda bisa terhindar dari resiko bengkel NAKAL yang berjanji manis. Bayangkan... relasi anda menjadi korban bengkel cuci yang nakal, sedangkan anda tahu pencegahannya. Jangan biarkan hal itu terjadi.

Semoga THREAD ini dapat mencegah kaskuser menjadi korban bengkel cuci mobil NAKAL.

No comments:

Post a Comment